Determinan Perilaku Generasi Milenial Dalam Keputusan Investasi Berdasarkan Teori Prospek

  • Asep Asep Perbanas Institute
  • Atik Djajanti

Abstract

Milenial mendominasi kenaikan jumlah investor di indonesia dalam tiga tahun terakhir. Di satu sisi keseharian milenial juga sangat erat dengan gawai dan media sosial yang mereka jadikan sebagai sumber informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membuat investor milenial berperilaku irasional dalam membuat keputusan investasi yang disebabkan oleh bias heuristik berupa availability bias, representativeness bias, anchoring bias serta ketakutan kehilangan momen yang ttimbul dari efek penggunaan media sosial terhadap keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 108 responden dengan teknik kuesioner yang disebarkan secara online kepada investor di jabodetabek dengan metode probability sampling. Analisa data dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) yang dibantu oleh aplikasi statistik SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Representativeness bias berpengaruh positif dalam keputusan investasi, sedangkan availability bias, anchoring bias dan FOMO tidak mempengaruhi keputusan investasi milenial, serta FOMO dapat memperkuat pengaruh availability bias terhadap keputusan investasi sedangkan representative ness bis dan anchoring bias tidak berpengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-25
How to Cite
ASEP, Asep; DJAJANTI, Atik. Determinan Perilaku Generasi Milenial Dalam Keputusan Investasi Berdasarkan Teori Prospek. Jurnal Riset Perbankan, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 34-44, jan. 2024. ISSN 2541-6669. Available at: <http://www.jrpma.sps-perbanas.ac.id/index.php/jrpma/article/view/172>. Date accessed: 21 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.56174/jrpma.v8i1.172.